Selamat Datang

Mendut rafting 
Mendut Rafting merupakan perusahaan penyedia jasa pariwisata minat khusus, antara lain arung jeram, outbound, paintball, dan kegiatan luar ruangan lainnya. Berangkat dari keinginan yang kuat untuk dapat mewujudkan sebuah arena bermain dan berpetualang, berada di lingkungan candi Mendut dan tepian sungai Elo, yang nyaman dan berkesan. Mendut Rafting dengan berbagai produknya akan memberikan anda banyak pilihan dalam berwisata melepaskan kejenuhan sejenak dari rutinitas sehari-hari bersama keluarga, rekan, relasi kerja, bahkan hingga coorporate gathering.

Mendut Rafting
Program-program yang kami sajikan kami kemas dalam bentuk permainan-permainan yang menarik, unik dan menantang. Dengan didampingi Instruktur/ pemandu yang berpengalaman dan profesional akan memberikan anda nilai lebih serta rasa nyaman dalam melaksanakan kegiatan arung jeram. Dalam program arung jeram, Mendut Rafting memberikan secara Totalitas dalam pelayanan. Mengingat lokasi base camp yang strategis, berada di antara 3 sungai yang menjadi pusat kegiatan arung jeram. Sungai tersebut yakni Sungai Elo, sungai Progo Atas, Sungai Progo Hulu, serta sungai Progo Bawah. Sungai-sungai tersebut saling melengkapi dikarenakan dari level dan grade serta tingkat bahayanya. Bagi anda yang ingin mencoba dan merasakan serunya arung jeram, dari tingkat Pemula hingga Profesional kami memberikan sebuah pelayanan yang PROFESIONAL, TOTALITAS, BERKUALITAS, Mendut Rafting pusat kegiatan Arung Jeram terlengkap di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Anda ingin arung jeram atau rafting di sungai Elo dan sungai Progo Atas maupun Progo Bawah ?. Mengisi waktu liburan anda dengan arung jeram merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda. bermain air, menikmati pemandangan yang masih alami, berhenti sejenak dari rutinitas anda guna merefresh kembali fikiran sebelum melanjutkan aktivitas sehari-hari.


1. Arung Jeram Sungai Elo

Arung Jeram sungai Elo MagelangArung Jeram  Sungai Elo, Kabupaten Magelang, sungai ini membujur di bagian selatan Kabupaten Magelang Jawa Tengah memang pantas dicoba. Selama kurang lebih 2,5 jam waktu pengarungan kita akan menikmati gemercik dan gemuruh jeram yang percikan airnya akan membasahi seluruh tubuh kita. Selama arung jeram anda akan dipandu oleh river guide (pemandu arung jeram) yang sudah berpengalaman dan anda juga akan dilengkapi peralatan keamanan seperti pelampung, helm, dayung dan juga river boat. baca selengkapnya..

2. Arung Jeram Progo Atas

Arung Jeram sungai Progo atas merupakan salah satu paket yang kami tawarkan kepada anda. Sungai progo Atas berada di wilayah magelang, dengan start di Perumahan Tuk Songo, 35 menit dari Camp dan finish di Tempuran, Magelang.Sungai progo Atas mempunyai panjang lintasan 9 km dengan durasi waktu 2 jam pengarungan. Sungai Progo Atas mempunyai level III+ ( AWA Scale ). Mempunyai karakter aliran yang deras akan memberikan anda sebuah tantangan untuk berpetualang mencoba sensasi berarung jeram di sungai progo atas.
Sebuah tantangan untuk anda, yang pernah mencoba arung jeram dan ingin mencoba dilevel yang lebih tinggi. Progo Atas adalah trip yang tepat untuk anda. baca selengkapnya...

3. Arung Jeram Progo Bawah

Extreme dan Menantang itulah kata yang tepat untuk memberikan label pada sungai Progo Bawah. Sungai progo bawah merupakan sungai yang mempunyai levenl tertinggi sejawa dan bali. Dengan grade V ( AWA Scale ), sungai progo bawah mempunyai level yang sama dengan sungai Colorado Amerika.Sungai Progo bawah mempunyai panjang lintasan 25 km, dengan durasi waktu pengarungan 5 jam. Bukan waktu yang sebentar untuk anda berpetualang dan menikmati serunya sungai yang mempunyai kasta tertinggi sejawa dan bali ini. Berstart di jembatan Klangon , perbatasan DIY dan Jawa Tengah. Menempuh perjalanan darat 20 menit dari camp Mendut Rafting. Dan finish di Dekso Kalibawang Yogyakarta.baca selengkapnya...
Mengapa kami? Suatu hal yang akan ada dalam benak anda. Mendut rafting merupakan perusahaan bidang jasa pariwisata,yang khusunya melayani arung jeram, outbound, paintball dan kegiatan luar ruangan lainnya. Dalam bidang arung jeram mendut rafting sudah berkecimpung dalam dunia arung jeram tahun 1995, embrio-embrio yang mulai besar dan padat akan pengalaman hingga saat ini. Mendut rafting berdiri tahun 2008, dan telah melayani ribuan klient dalam hal arung jeram dan outbound. Dengan SDM yang Handal Dan Profesional menjadikan Mendut Rafting perusahaan yang bonavit, dan semakin berkembang, dari segi pelayanan, kenyamanan, keselamatan bahkan menjadikan Mendut Rafting Pusat pembelajaran Mahasiswa Penggiat Arung jeram Se Jawa Tengah dan DIY hingga Nasional. Alasan mengapa memilih mendut rafting :
  1. Profesional
  2. Safety Fist
  3. SDM yang terlatih, bersertifikat dan Profesional.
  4. Base Camp yang strategis
  5. Perlengkapan yang berstandard International
  6. Berpetualang dan Kuliner

Jumat, 07 Maret 2014

Arung Jeram Itu Aman


mendut rafting, arung jeram sungai elo
arung jeram sungai elo

Akhir-akhir ini dunia arung jeram kembali dihebohkan lagi dengan kecelakaan arung jeram. Setelah tahun 90′an hampir tidak ada lagi kecelakaan arung jeram hingga mengakibatkan meregangnya nyawa para penggiatnya. Standart safety procedure sudah diterapkan bagi semua penggiatnya baik dari kalangan organisasi pecinta alam maupun operator komersial arung jeram. Lalu mengapa kecelakaan ini masih terjadi..??. Sebuah pertanyaan besar bagi para penggiat arung jeram pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya.
Tetap ceria meski kesangkut batu di Sungai Elo Magelang
Arung jeram sebenarnya adalah olah raga yang amat menyenangkan namun bisa berbalik menjadi  berbahaya ketika kita tdak mematuhi beberapa safety prosedure yang ada tentunya bisa berkibat fatal. Maka jangan sampai lengah ataupun menyepelekan hal-hal sekecil apapun. Mungkin sedikit tips bagi anda yang ingin berarung jeram.

1. Tentukan Sungai yang menurut anda aman untuk diarungi.
Tidak semua sungai cocok untuk berarung jeram. Ada sungai yang memiliki grade ataupun tingkat kesulitan yang tinggi namun ada pula sungai yang mempunyai grade rendah atau tingkat kesulitan yang rendah atau medium. Ukur kemampuan anda dan pengalaman anda di bidang arung jeram. Jika anda masih pemula silahkan pilih sungai yang memiliki grade rendah atau medium. Antara Grade I – III semisal Sungai Elo Magelang (Grade I-II), Sungai Progo Atas Magelang (Grade II-III).
Namun jika anda sudah berpengalaman dan mempunyai kemampuan fisik yang prima anda bisa memilih grade yang lebih tinggi di grade III – V seperti di sungai Progo Bawah DIY – Jawa Tengah.

2. Perhatikan Cuaca.
Jika anda hendak melakukan arung jeram pilihlah cuaca yang tepat. Musim hujan ataupun kemarau sebenarnya semua bisa pas. Tinggal kita lihat karakteristik sungainya. Ada sungai yang ketika musim penghujan dia bisa mencapai grade III atau medium bahkan bisa hingga melonjak menjadi grade V. Ada juga sungai yang ketika musim penghujan masih stabil di level II – III jadi masih tetap aman. Namun ada pula yang ketika musim kemarau sungainya jadi kering atau alirannya sangat kecil sehingga tidak bisa dilalui.

3. Carilah informasi tentang Sungai yang anda pilih dari sumber yang terpercaya.
Jika anda akan melakukan pengarungan silahkan menghubungi operator di sungai tersebut untuk mencari informasi tentang karakteristik sungai ataupun untuk penyesuaian jadwal pengarungan. Hal ini juga berlaku bagi anda yang aktif di organisasi pecinta alam atau penggiat alam bebas. Minimal untuk memeberitahu kepada operator yang lebih berpengalaman dan tahu kondisi medan supaya anda akan mendapat informasi teraktual tentang kondisi sungai saat ini.

4. Patuhi Peraturan dari Pemandu atau Operator.
Pemandu sebelum melakukan pengarungan pasti akan memberikan safety talk ataupun breefing untuk melakukan pengarungan Mereka akan menjelaskan tentang alat-alat yang akan digunakan untuk pengarungan dan bagimana menggunakannya. Selain itu juga akan menyampaikan larangan-larangan yang bisa menyebabkan kecelakaan saat pengarungan. Kadang operator juga berhak menghentikan pengarungan atau memindah jalur bahkan lokasi pengarungan karena memperhitungkan kondisi alam yang tidak memungkinkan yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Jangan bersikeras untuk tetap memilih jalur yang sudah direncanakan dengan berdalih “TANTANGAN” atau “Kami Bukan Penakut”.

Mendut Rafting
River Guide yang handal dan profesional
5. Jangan Takut Secara Berlebihan
Rasa takut ketika sedang berarung jeram kadang malah bisa menjadikan pemicu terjadinya kecelakaan. Semisal karena saking takutnya…ketika pemandu menginstruksikan untuk mendayung penumpang justru menhentikan dayungan dan malah berpegangan tali pada perahu. Akibatnya perahu tidak memiliki tambahan daya dorong dan ketika terkena jeram yang besar bisa mngakibatkan perahu terbalik atau tersangkut di batu. Percayakan pada pemandu akan keselamatan anda dengan mematuhi aba-aba darinya.

6. Jangan Merasa paling berpengalaman dan paling berani.
Biasa terjadi pada sebuah rombongan dalam satu prahu jika ada satu orang yang pernah melakukan pengarungan terkadang dia malah memberi instruksi yang berlawanan dengan pemandu. Akibatnya sekenario untuk melewati jeram yang sudah direncanakan oleh pemandu bisa gagal dan bahkan bisa mengakibatkan hal yang fatal. Sebagai catatan ketika anda sudah berada di prahu hanya ada satu komando yang hrus dipatuhi yaitu dari pemandu atau river guide. Mereka sudah dilatih dan berpengalaman untuk mengatur dan membuat sekenariao melintasi jeram supaya tetap aman dan menyenangkan.
Mendut Rafting

7. Usahakan “LUCK” ada pada anda.
Faktor inilah yang terakhir harus kita miliki. Keberuntunga…Setelah semua safety procedure sudah kita jalankan dan tekhnik yang kita lakukan sudah benar terkadang kita masih menemui masalah dalam pengarungan. Maka supaya keberuntungan itu selalu berpihak kepada anda alangkah baikanya sebelum pengarungan dimulai berdoalah kepada Tuhan YME agar memberikan keselamatan kepada kita semua supaya pengarungan anda berjalan aman, nyaman dan menyenangkan.
Sekedar untuk wacana ringkas bahwa arung jeram tetapalah aman, nyaman dan menyenangkan, ketika anda mematuhi safety procedure yang sudah ditetapkan.

Baca Juga